//]]>

"STRUCTURE COMPUTER"

A. Input Device 

B. Output Device

C. Storage Device

D. Periferal 

E. Processing Unit


A. Input device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau petrintah ke dalam komputer. Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari laur  sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer signal input berupa data yang dimasukan ke dalam sistem komputer,sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan. Dengan demikian,alat input selain digunakan untuk masukan data juga untuk memasukan program. Jenis-jenis Input device adalah sebagai berikut.

1.Mouse merupakan komponen input yang sangat di perlukan jika menggunakan sistem operasi grafis. Jenis-jenis mouse dan berserta gambar nya.

- Mouse Optik :

  

 - Mouse Macro :

 
- Mouse USB :
 

Teknologi mouse ini merupakan perkembangan dari teknologi mouse yang dulunya menggunakan bola di bawahnya untuk menggerakkan kursor di komputer namun mouse optik ini berjalan dengan sebuah lampu seperti lampu infra merah yang gunanya sebagai sensor penggerak kursornya. Selain itu, keunggulan lainnya ada juga beberapa jenis mouse seperti ini mempunyai lampu Led di samping kanan maupun kirinya yang biasanya dimanfaatkan sebagai pendamping komputer/notebook dikala mati lampu.

2. Keyboard merupakan alat input standart yang diperlukan dalam setiap PC. Komponen ini tidak mengalami perkembangan pesat. Hanya dalam konektor dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan. Jenis-jenis keyboard berserta gambar nya.  

keybord x7

 

3. Scanner adalah alat duplikat yang diperkecil menyerupai mesin fotocopy,tetapi memiliki perbedaan yaitu fotocopy hasilnya juga langsung bisa anda lihat pada secarik kertas yang keluar dari mesin, sedangakan scaner hasilnya ditampilkan pada monitor PC atau Laptop anda terlebih dahulu yang kemudian baru dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan picture.

 

 

 

 

4. Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuasyang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.


 

5. Track Ball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari sebuah bola yang diselenggarakan oleh sebuah socket yang mengandung sensor untuk mendeteksi sebuah rotasi bola sekitar dua sumbu-seperti mouse yang terbalik dengan bola menonjol terbuka. Pengguna gulungan bola dengan ibu jari, jari, atau telapak tangan untuk memindahkan kursor.

 

6. Layar Sentuh (touch Screen) adalah display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. ini memungkinkan touch screen sekaligus menjadi input device menggantikan keyboard dan mouse. selain pada PC, Touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile termasuk PDA dan Smart phone. Berapa varian lain yang mirip adalah memanfaatkan penggunaan stylus unutk meningkatkan akurasi pendektesian koordinat.

 

 

7. Camera adalah peralatan untuk mengambil foto (biasanya terdiri dari sebuah kotak lightproof dengan lensa di satu ujung dan sensitif terhadap cahaya film di yang lain) 

 

 

B. Output device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi unutuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-coppy (ke kertas),soft-coppy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output digolongkan menjadi 4 bentuk, yaitu tulisan, image, suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin. Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya di dalam komputer.
Jenis-jenis Output adalah sebagai berikut :
 

1.Printer

2.Monitor

3.Speaker

4.Projektor

1.Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

Jenis-jenis Printer dan berserta gambar nya.

Printer Dot Matrik :

 

 

2.Monitor adalah alat keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar. Gambar yang ditampilkan berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card. Berdarsarkan teknologi yang digunakan monitor memiliki 2 jenis yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display).

 

 

3. Speaker adalah salah satu perlalatan output komputer berbentuk kotak atau bulat dengan kemasan unik yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara dari komputer.

4. Projektor  adalah suatu jenis proyektor video untuk menampilkan video, gambar atau data komputer di layar atau permukaan datar lainnya. Ini adalah analog modern dari proyektor slide atau proyektor overhead. Untuk menampilkan gambar,  Proyektor biasanya mengirim cahaya dari lampu halida logam melalui prisma yang memisahkan cahaya untuk tiga panel silikon poli - masing-masing untuk komponen merah, hijau, dan biru dari sinyal video.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar